BMW F 900 R Resmi Mengaspal di Indonesia

BMW F 900 R Resmi Mengaspal di Indonesia

Jul 19, 2020

Satu lagi smart bike mid-range roaster dari Maxindo Moto resmi mengaspal di Indonesia. Seperti motor BMW lainnya, dashboard F 900 R sudah mengadopsi layar TFT yang bisa terhubung dengan smartphone dan helm melalui Bluetooth. Layar TFT itu bisa dikendalikan dengan cursor di stang bagian kiri. Anda bisa mengaktifkan navigasi, berbagi track perjalanan, mendengarkan musik dari smartphone, menerima panggilan telepon dan banyak fitur lainnya. Tapi fitur cerdas ini tidak mendukung texting sambil berkendara. Ayolah, jangan bahayakan diri sendiri dan orang lain.

Dikembangkan dari F 850 GS, naked bike ini telah diubah secara drastis: lebih banyak perpindahan gigi, lebih banyak tenaga, lebih banyak torsi, lebih banyak teknologi, lebih banyak karakter, dan penampilan yang lebih sporty. Diperkenalkan di ajang EICMA pada bulan November 2019, F 900 R mempunyai kemampuan lebih baik di jalan menikung dengan adaptive cornering headlight yang disematkan pada lampu utama. Tidak seperti  adaptive cornering headlight pada mobil, pada BMW F 900 R yang bergerak adalah bagian reflektor, bukan bohlam lampu yang sudah mengadopsi LED. Fitur ini otomatis bereaksi saat motor berbelok dengan sudut kemiringan 10 derajat dan kecepatan minimum 10 km/jam.

Torsinya yang besar diimbangi dengan teknologi slipper clutch dan drag torque control yang disebut dengan MSR. Teknologi ini mengurangi efek “pukulan” pada mesin dan mencegah roda belakang slip saat memindahkan gigi tinggi ke gigi rendah secara drastis pada putaran RPM tinggi. Sudah begitu masih ada fitur DTC (Dynamic Traction Control) dan DBC (Dynamic Brake Control).

Selain fitur cerdas yang menghubungkan smartphone dengan dashboard, fitur-fitur berikut ini juga membuat jempol kiri Anda jadi lebih sibuk. Mode berkendara disediakan tiga pilihan Rain, Road, Dynamic dan Dynamic Pro. Terdapat pula anti-lock braking system (ABS) serta Automatic Stability Control (ASC). Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjustment) bisa membuat motor yang dijual dengan harga Rp 380 juta off-the-road di Jakarta ini lebih mudah beradaptasi secara otomatis dengan kondisi jalan dan gaya berkendara.

Padat kan fiturnya? Nggak heran harganya juga lumayan meski bukan yang termahal. Jelas ini motor kekinian buat para sultan. Buat riding jauh, motor ini bisa dipasang aksesoris touring seperti softcase side bag dan tank bag. Khusus warna Racing Red, tersedia rear seat cover atau penutup jok belakang sehingga bisa dicantolin tas. Nah yang ini jelas buat sultan yang jomblo atau egois. BMW F 900 R ini dijual di Indonesia dengan varian warna Black storm metallic, Hockenheim silver metallic/Racing red, dan San Marino blue metallic.

Urusan dapur pacu, motor ini mengusung mesin 895 cc, parallel twin inline 2 DOHC 8 katup,  nafasnya bisa sampai 105 dk dan torsi mencapai 92 Nm. Spesifikasi itu menempatkannya di antara pesaing berikut ini; Triumph Street Triple R, Ducati Monster 821, Aprilia Shiver 900, Kawasaki Z900 dan Yamaha MT-09, yang terakhir ini lebih dulu hadir di Indonesia, tapi tidak terdengar lagi gaungnya.

Teks & Foto : Andra