Cheney Suzuki TM400 MX Motocross 1974

Cheney Suzuki TM400 MX Motocross 1974

Nov 15, 2019 Classic Bike

Suzuki TM400 MX Cheney memiliki cerita menarik dari jajaran lini motocross Suzuki. Motor yang dibuat oleh frame maker, Eric Cheney ini bisa dibilang adalah motocross dengan handling yang buruk, namun ajaibnya malah menyabet kemenangan kejuaraan selama setahun penuh.

Ketika Suzuki merilis TM400 MX "Cyclone" pada tahun 1971, mereka menggembar-gemborkan itu sebagai motor motorcross tangguh dengan banderol $ 1.000, tepatnya $ 999. Sayangnya frame yang fleksibel, pengereman kacau dan powerband tipis menjadikannya sebagai motor yang punya reputasi buruk.

Pada awal 1970-an Eric Cheney, pria yang dianggap oleh banyak orang sebagai desainer frame terhebat di generasinya, memutuskan untuk menggunakan Suzuki TM400 MX tersebut sebagai eksperimen. Hebatnya dia malah berhasil, dan melahirkan Cheney Suzuki TM400 MX yang dia kembangkan dan memenangkan 17 dari 18 race yang diadakan sepanjang 1974.

Melihat latar belakangnya sih, Cheney bukan engineer yang terlatih secara formal. Keterampilannya didapat dari pendidikan militer yang sempat dijalaninya di Angkatan Laut Kerajaan selama Perang Dunia II. Dalam kondisi pertempuran, doi mengerjakan mesin. Ia pun terlatih dan memiliki kemampuan untuk tetap tenang.

Setelah perang usai, Cheney malah menjadi pembalap motorcross profesional top. Salah satu temannya adalah Les Archer yang merupakan mantan pebalap di era 50-an. Sayangnya Cheney tertular suatu penyakit yang membuatnya harus menghentikan karir balap motocrossnya. Ia kemudian memutuskan untuk fokus membangun membangun sendiri.

Terlepas dari kenyataan kalau dia tidak memiliki pelatihan teknik formal, namun Cheney memiliki kemampuan intuiitif untuk memvisualisasikan desainnya. Dia juga biasa membuat sketsa desain rangka dalam skala penuh di papan tulis, bahkan membuat frame dengan tangannya sendiri.

Ia sempat bekerja untuk beberapa brand Inggris khususnya BSA. Motor-motor rancangannya punya reputasi baik, dengan ciri bobotnya yang sangat ringan, cepat, dan sangat sukses.

Salah satu penggemar desainnya adalah Steve McQueen yang memiliki beberapa motor rancangan Cheney sebagai koleksinya. Motor-motor buatan Cheney juga memenangkan perlombaan yang nggak kehitung banyaknya, salah satu yang paling terkenal yaitu di ajang International Six Days Trial.

Nah, Cheney Suzuki TM400 MX 1974 ini, literally adalah motor satu-satunya yang pernah dibuatnya yang sukses memenangkan kompetisi penuh selama tahun 1974. Motor ini juga sempat memenangkan Del Mar Celebration of the Motorcycle pada 2013 dan sempat direstorasi sebanyak 100 titik di tahun yang sama. Kabarnya, motor ini akan dilelang di Mecum Auctions pada Januari 2020 mendatang.

Teks: Wildaf, Foto: Mecum.