Curtiss Zeus – Motor Listrik Berkonfigurasi V8

Curtiss Zeus – Motor Listrik Berkonfigurasi V8

Okt 02, 2019 Custom Bike

Sekarang ini masing-masing pabrikan motor berlomba-lomba membuat motor listrik atau versi customnya sendiri. Salah satu yang spektakuler adalah Curtiss Motorcycle. Perusahaan asal Alabama, AS tersebut memperlihatkan konsep terbarunya, Zeus Radial V8. 

Curtiss Motorcycles sendiri dipimpin oleh CEO dan Chairman of the Board H. Matthew Chambers yang juga menggawangi WeFunder.com. Curtiss Motorcycle hanya membuat motor listrik. Nama Curtiss terinspirasi dari builder sekaligus pembalap era 1990-an, Glenn Curtiss. 

Sebelumnya, prototype dari Curtiss Zeus ini pernah dipajang di Quail Motorcycle Gathering 2018 dan mendapatkan penghargaan Most Innovative Motorcycle. 

Motor ini terinspirasi dari motor bermesin V8 yang dikendarai Glenn Curtiss pada 1907. Menggunakan 4.410 cc delapan silinder, di mana ia mencapai rekor kecepatan non-resmi 136,36 mph di tahun tersebut. 

Pada Zeus, motor listriknya dirancang dan dikembangkan oleh YASA Limited yang berbasis di Inggris. Zeus didesain dengan sentuhan kontemporer dengan fitur terdepan, memiliki pengaturan baterai dan konfigurasi unik yang dibuat mirip seperti mesin V-8. 

Outputnya diperkirakan menghasilkan 217 hp dan torsi 147 ft lbs dengan kapasitas baterai 16,8 kWh pada 399V. Baterainya bisa terisi 80 persen dalam 30 menit dan full dengan pengisian selama 1 jam yang bisa dipakai untuk 90 mil riding stabil atau 150 mil dalam kondisi stop and go. 

Zeus Radial V8 diperkirakan akan hadir mulai Mei 2020 dan dibanderol USD $ 75.000. sebelum Zeuss, sebelumnya Curtiss Motorcycle juga pernah membuat desain yang tak kalah fenomenal, Curtiss Hades. Keduanya bespoke alias hanya bisa dibuat setelah dipesan terlebih dulu. 

Teks: Wildaf, Foto: Curtiss Motorcycle.