For Sale: Superformance Ford GT40

For Sale: Superformance Ford GT40

Des 10, 2019 Classic Bike

Udah nonton Ford v Ferrari? Film yang rilis pada 15 November waktu lalu tersebut menceritakan Ford GT40 sebagai ‘tokoh utamanya’. Mulanya mobil tersebut merupakan hasil dari proyek ambisius dari produsen mobil Ford. Tak asal dibuat, mobil ini diracik lantaran keinginan dari pemilik perusahaan Ford saat itu, Henry Ford Jr. untuk mengalahkan Ferrari di ajang balapan bergengsi, Le Mans 24 pada 1966. 

Rivalitas kedua kubu tersebut sangat legendaris hingga diangkat ke film layar lebar. Bahkan jauh sebelum film ini, kisah legendaris di balik munculnya mobil sport ikonik asal Amerika ini kerap diabadikan di film-film dokumenter.

Now here, is Ken Miles Superformance Ford GT40 dari film Ford v Ferrari. Mobil yang dikendarai oleh Christian Bale selama pembuatan film, yang dibuat oleh Superformance. Kabarnya mobil ini bakal dilelang di Mecum Museum pada Januari 2020 mendatang. Namun sebelum menawar, kita bahas dulu spek mobil replica yang menjadi legenda Ford ini. 

Superformance Ford GT40 ini adalah model 1966 MkII, yang dibangun oleh tim di Superformance di Irvine, California. Superformance GT40 satu ini sangat mirip dengan mobil asli sehingga 3/4 dari semua partsnya bisa dipertukarkan dengan parts GT40 1960-an maupun parts modern lain dari Superperformance, termasuk full monocoque chassis-nya. 

Sasis sampai atap bajanya adalah replika dari struktur unibody monocoque GT40 MkII asli. Perbedaan utama antara sasis asli dan unit Superperformance adalah penggunaan lembaran baja elektro-galvanis modern dalam konstruksi versi baru ini, membuat sasis baru hampir kebal terhadap karat. Bahannya lebih kaku daripada chasis lain di pasaran, yakni terbuat dari 244 laser cut yang presisi. 

Bagian suspensinya based on mobil aslinya, namun kini dengan penambahan peredam kejut Bilstein dan pegas H&R. Sama seperti originalnya, Superperformance Ford GT40 juga menggunakan rack dan pinion steering, vented disc brakes di bagian depan dan single caliper untuk sisi belakang, dengan ban  225/60 R15 depan dan 275/60 R15 belakang.

Mobil ini menggunanakan warna memorable color dengan livery blue/white/red sama dengan yang digunakan Ken Miles and Denny Hulme. Pada bagian dalamnya juga dibuat seotentik mungkin termasuk bahan interior sampai detail kecilnya. 

Namun untuk mesin berbeda dengan mobil aslinya, mobil ini dipasangi Roush 427IR V8 dengan 511 cu. In., yang bisa memproduksi power sebesar 604 hp dan torsi 572 ft lbs. 

Meski ini replika, mobil ini mendapat kehormatan karena bisa menggunakan chassis number GT40/P yang artinya telah layak diregister GT40 secara resmi dan secara hukum bisa menggunakan nama "GT40". Sebab selama beberapa dekade terakhir, konsep “replica GT40” ini dinodai oleh pihak-pihak yang membuat replica palsu. 

Superperformance sendiri adalah perusahaan yang kerap membuat mobil replica yang sangat presisi dan ditampilkan di kompetisi motorsport vintage bersama kendaraan-kendaraan bersejarah aslinya.

Superperformance telah menjalankan bisnis sejak 1994, memiliki lebih dari 20 dealer independen di seluruh dunia dan telah menjual lebih dari 4.000 sasis pada waktu itu.  Terlepas dari model GT40 ini, perusahaan ini juga menjual replika Shelby Cobra dan model Shelby Daytona Coupe yang bahkan Pete Brock sebagai desainer mobil aslinya pun pernah membeli satu unit untuk dirinya sendiri.

Kini Superformance Ford GT40 ini bakal dilelang di Mecum Museum pada Januari 2020 mendatang dengan estimasi harga USD $275,000 - $325,000 dan sudah bisa ditawar dari sekarang. Tertarik? 

Teks: Wildaf, Foto: Mecum.