Keseruan Skaters Jakarta Rayakan “Go Skateboarding Day 2019”

Keseruan Skaters Jakarta Rayakan “Go Skateboarding Day 2019”

Jun 24, 2019 Gastank Family

Skateboard telah lama popular di tanah air dan sudah menjadi alternative olahraga bagi anak-anak muda, bukan lagi hanya sebagai permainan. Tepat pada 21 Juni lalu, para pecinta skateboard dari seluruh dunia merayakan salah satu event paling berpengaruh, yaitu Go Skateboarding Day (GSD), termasuk di Indonesia. Di Jakarta, event ini digelar di Kalijodo Skatepark Jakarta Utara yang digerakkan oleh Jakarta Skateboarding.

Hari raya para skateboarder sedunia ini berawal pada 21 Juni 2004 silam. Diinisiasi oleh International Association of Skateboard Companies (IASC), GSD awalnya dibuat untuk mempromosikan skateboard agar lebih dikenal melalui berbagai kegiatan yang diadakan di kota-kota besar di seluruh dunia.

Sejak 2006, Indonesia telah resmi tercatat di IASC sebagai salah satu negara yang ikut merayakan GSD dunia. “Konsep acaranya sendiri lebih ke campaign movement dari skateboard itu sendiri agar lebih dikenal masyarakat luas. Di mana para skater berkumpul di satu tempat, riding dan main bareng. Jadi di hari itu, ayo dong keluar main skate. Kita cuekin dulu aktivitas utama, kita main dulu. Makannya jadi Go Skateboarding Day,” jelas Leopold Anggi dari Jakarta Skateboarding.

GSD 2019 di Jakarta pertama kali digelar di Taman Menteng oleh sekitar 50-an skater saja. Tahun ini, skatepark yang terletak di bilangan Jakarta Utara itu pun dipenuhi oleh sekitar 2000-an skater.

Event kali diisi berbagai kegiatan kreatif, gathering, games, serta charity. Suasana di Kalijodo pun semakin ramai dengan keseruan para skater yang unjuk gigi dalam perlombaan seperti tick-tack, skate games, skate race, highest ollie serta longest ollie.

“Nah yang paling ditunggu-tunggu dari acara ini adalah long march on street. Jadi semua skater yang hadir, riding bersama-sama mengitari sekitar kawasan Kalijodo dengan papan mereka masing-masing,” imbuh Anggi.

GSD pun menjadi acara tahunan yang paling ditunggu oleh skater dan harus tetap ada ke depannya. “Semoga melalui GSD ini gaungnya semakin terdengar ke masyarakat dan pemerintah. Pemerintah kan sudah membuat skatepark di Kalijodo ini, nah ini kita pakai loh dan memang anak skate itu rame jadi worth it pembangunan sarana itu. Dan karena makin banyak yang main nih, diharapkan sih skatepark bisa dibangun lagi di tempat lain untuk menampung skaters yang semakin banyak ini,” pungkas Anggi.

Teks: Wildaf, Foto: @pulangpergipagi, @ak_rocks.