Malaysian Beach Race

Malaysian Beach Race

Sep 25, 2019

Sand race memang lagi booming lagi di dunia balap motor saat ini. Tak terkecuali di Malaysia, yang juga cukup kuat kultur motorannya. Belum lama ini pada September 2019, digelar sebuah beach race atau balap pantai yang diadakan selama tiga hari di Desaru, Malaysia.

Tiara Beach yang menjadi lokasi acara memang merupakan salah satu pantai paling tenang di kawasan tersebut. Hanya ada satu hotel dan jalanannya dapat diakses oleh umum. Sementasa di lokasi balapnya tidak ada batasan pintu masuk, siapa pun bisa menonton dan mengendarai motornya di sini.

Seperti dikutip dari Silodrome, balapan ini berupa drag race yang berlangsung selama tiga hari. Para peserta awalnya dipisah dalam kelas berdasarkan ukuran mesin, kemudian disempitkan lagi menjadi kompetisi murni berdasarkan kecepatan.

Dalam drag race ini, skuter 50cc-125cc bisa berpacu melawan motor yang jauh lebih besar termasuk Harley-Davidsons 1200cc, 1600cc maupun Triumph Scrambler 1200cc. Meski memiliki power besar, banyak yang menyangka jika skuter yang lebih kecil dan ringan itu justru lebih mudah disetel dan kerap memenangkan perlombaan.

Meski ajang fun race, semua peserta tetap diwajibkan menggunakan safety gear berupa helm, bahkan panitia pun sudah menyediakan ambulance. Operator radio di kedua ujung juga siap berkoordinasi dengan operator di dua tower untuk memastikan lintasannya bersih sebelum putaran dimulai.

Pemenangnya langsung diumumkan pada Minggu malam, dan siap untuk mempertahankan kembali gelarnya tahun depan. Keseruan acaranya bisa dilihat di video berikut. 

Teks: Wildaf, Foto: Silodrome.