Motor Nasional Id 2019 Motofashion

Motor Nasional Id 2019 Motofashion

Nov 19, 2019 Event

Akhirnya ada juga event yang mewadahi para pecinta motor-motor ber-cc kecil. Sebab biasanya acara tematik seperti ini kalau bukan gelaran jamnas yang dibikin oleh club/komunitas, ya sudah pasti digabung dengan event custom in general, sehingga suasananya kurang kerasa.

Motor Nasional Id dicreate sedemikian rupa oleh Decky Sastra demi memunculkan suasana era keemasan motor-motor jadul 2 tak yang pernah berjaya di Indonesia. Acara perdana ini digelar di akhir pekan, 17 November 2019 di “DIDAGO” café, Bandung.

Acara ini terbilang sukses. Dari target 1000 pengunjung di satu hari gelaran pun membludak dengan 2.500 pengunjung. Boleh dibilang wajar karena penggagasnya sendiri memang ‘pemain’ di  dunia custom culture tanah air. Namun tetap saja, pengalaman membuat acara perdana pasti saja bikin deg-degan. Apalagi dengan waktu persiapan yang cuma 2 bulan. Decky mendapat support team dari BBQ Ride. And the event began.

“Acara ini gue bikin karena selama ini gue lihat kayanya belum ada aja wadah yang pas buat merasakan vibe yang pas bagi motor-motor cc kecil,” buka Decky.

“Kalau soal acara perdana ini, waktu awal yang kepikiran pertama kali adalah gue harus bikin dulu sesuatu di tahun ini. Kalau tahun depan keburu basi. Gue cuma pengen ngegongin aja sih kalau Motor Nasional itu ada. Kedua, gue pengen mewadahi temen-temen yang memang ingin ngerasain getaran, ketika loe tampil di acara ini bukan lagi sebagai penikmat, tapi loe salah satu bagian dari event ini. Ketiga, kebetulan tanggal 17 November itu pas setahunnya dengan upload-an pertama Motor Nasional di Instagram,” beber Decky.

Acaranya dimulai dari jam 10 pagi. Dimulai dengan riding yang dibuka Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, kemudian berlanjut dengan konten-konten lain khas acara motoran. Ada talkshow, pemutaran video kolaborasi Mustache and Beard dan Motor Nasional Id, Moto Catwalk, dan konten On Their Deal dari BBQ Ride.

Di area juga diramein oleh berbagai komunitas dan banyak banget brand-brand yang biasa tampil di event kastem, serta list band-band keren. Tema Motofashion diambil sebagai pendobrak di gelaran pertama dengan mendisplay 15 motor lengkap dengan setelan outfit setema motornya.

Ke-15 motor diwakili oleh Rawtype Riot – Mate, Exodos – CB 450, Marlboro – Firz , Possesive – RC 100, Jumat Blarrr – Jialing, Honda – Cub 125, Six Volt – Lambretta, Beat Boys – VBB, Ducks Garage – C50 , Rusa Jalanan – Win 100, Union Well – El Senor 250, Von Dutch - C70, ACB BDO – RX King dan BDO – Super Cub, bahkan Kawasaki Cosmo yang kabarnya tidak ada di Indonesia berhasil ditampilkan milik Lung-Lung, kolektor asal Bandung.

“Ngecreate acara perdana itu seru banget. Peernya acara tahun depan harus bikin lebih gede lagi. Yang pasti tujuan gue sendiri adalah untuk ngelestariin motor-motor cc kecil khususnya yang memiliki history di Indonesia,” tutup Decky.

Well kalau kita lihat sih Decky cukup berhasil mengemas acara ini dengan warna yang berbeda dan sangat kekinian. Motor-motor kecil tak lagi identik dengan acara motor yang kaku dan terkesan kolot.

Udara Bandung yang sejuk dan desain gedung tua juga jadi keuntungan untuk menyuguhkan suasana jadul yang menyenangkan. Apalagi dengan konsep Motofashion yang mengharuskan pengunjungnya tampil dengan outfit warna-warni, bikin gairah muda serasa bangkit kembali. Tahun depan kalau ada lagi, ini jadi hajatan anak motor yang wajib dateng sih!

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.