‘Pabrik’ BMX CUB dari Banyuwangi

‘Pabrik’ BMX CUB dari Banyuwangi

Apr 24, 2020

Custom atau ubahan pada motor itu bisa diibaratkan layaknya fashion. Dapat berubah-ubah dengan sangat dinamis mengikuti trend yang sedang diminati custom enthusiast. 

Bagi sebuah bengkel custom dengan mengamati trend bisa mendapatkan peluang disaat momentum yang tepat. Seperti saat fokus menggarap satu project dikerjakan dengan totalitas sampai akhirnya meyusul order-order lain karena makin banyak peminat.

Nah, salah satu bengkel yang sudah menikmati hasilnya adalah Enggal Modified. Saat fokus menggarap BMX CUB, bengkel yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur ini justru medatangkan banyak rejeki.

“Baru awal 2019 kemarin bengkel kita mulai menggarap BMX CUB, sampai lebih dari 1 tahun ini kita sudah membuat lebih dari 60 unit BMX CUB dan hampir 600 pesanan frame yang sudah terkirim,” jelas Enggal Purna Prahara builder muda dari Enggal Modified.

Cerita membuat BMX CUB ini awalnya justru saat kawannya meminta Enggal untuk custom motor Honda Bebek Super Cub menjadi model sepeda BMX bermesin. Setelah browshing internet untuk mencari gambar-bambar referensi rupanya banyak yang sudah membuat BMX CUB tetapi masih mengandalkan frame basic standar motor asal (bebek) yang dipotong-potong.

“Karena Enggal Modified basicnya menggarap motor custom jadi seklian aja kita buat frame dari Nol. Mencari pipa besi yang cocok dan mendesainnya semirip mungkin dengan sepeda BMX,” lanjut lajang yang buka bengkel sejak di bangku SMA ini.

Motor BMX CUB yang sudah jadi ini langsung dibuat materi konten Intagram dan Youtubenya Enggal Modified. Karena memang momentumnya tepat banyak custom enthusiast yang mulai gandrung custom BMX CUB.  Alhasil tidak lama setelah konten diposting orderpun mulai berdatangan.

Sampai sekarang di bengkel Enggal Modified masih disibukkan dengan order custom BMX CUB baik itu unit ataupun pesanan frame. “Dalam satu bulan untuk unit kita bisa selesaikan 4 motor sedangkan produksi rangka bisa mencapai 30-40 frame,” ujarnya.

Meskipun disibukkan dengan order BMX CUB Enggal enggak mau terlena, dia masih terus berkarya menggarap order motor-motor custom dengan berbagai aliran, serta aktif mengikuti berbagai ajang custombike contetst. Salah satu prestasi tertingginya motor garapannya Thunder 250 dengan style boardtrack mendapat gelar The Greatestbike Suryanation Motorland 2019 lalu.  

Teks: Belo Foto: Enggal Modified