Riding  Berkelompok Ada Standarisasinya !!

Riding Berkelompok Ada Standarisasinya !!

Sep 25, 2020 Event

Perjalanan turing atau motoran bersama-sama riding ke luar kota memang mengasyikan. Tetapi siapa sangka kalau riding berkelompok ini sangan rentan dengan kecelakaan di jalan.

Melihat berbagai kejadian yang ada, akhirnya Ikatan Motor Indonesia (IMI) berinisiatif untuk membuat standardisasi pelaksanaan tata cara berkendara sepeda motor berkelompok yang melakukan touring.

"Tujuan pembuatan standardisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, khususnya komunitas atau klub sepeda motor, dan pengguna jalan raya umumnya,” kata Sadikin Aksa, Ketua Umum IMI, dalam keterangan tertulisnya yang dikirim ke redaksi Gastank Magazine.

Jadi dalam pembuatan standardisasi tata cara berkendara sepeda motor berkelompok, IMI menugaskan satu tim khusus yaitu Tim mobilitas untuk menghasilkan standardisasi dalam bentuk buku dan video panduan buat teman-teman komunitas bermotor.

“Nantinya, pembuatan video panduan ini akan menjadi panduan standardisasi yang pertama diterbitkan di Indonesia. Jadi paduan buat mereka yang akan melakukan aktivitas touring berkelompok,” ujar Joel D Mastana Ketua Pelaksana yang juga sekaligus Sekretaris IMI Mobilitas.

Tak hanya itu, panduan ini akan menjadi yang pertama diterbitkan di dunia setelah 13 tahun. Panduan berkendara berkelompok terakhir dibuat oleh biker Amerika Serikat pada tahun 2007.

Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang juga Pembina IMI, mendukung atas terbentuknya standardisasi tata cara mengemudi berkendara sepeda motor berkelompok.

Menurutnya, para pengguna sepeda motor harus memahami teknik berkendara yang aman diterapkan saat berkelompok.

"Mungkin kita paham dalam mengendarai sepeda motor, tapi dalam berkelompok kita harus tahu kapan tarik gas, kapan menjaga jarak, karena ini sebuah tim, maka harus seirama,” kata Bamsoet.

Jadi Bamsoet menambahkan, standar aturan ini akan memandu para pengguna sepeda motor dalam menentukan safety gear, formasi touring, dan persiapan sebelum berkendara.

Rombongan touring untuk program standarisasi dilepas oleh Bambang Soesatyo pada hari sabtu (19/09/2020) lalu. Bamsoet selaku Ketua MPR RI yang juga sebagai Pembina IMI di kawasan Meikarta, Cikarang mendukung gelaran ini sebagai perhatiannya terhadap tingginya tingkat kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan sepeda motor.

Terbukti, pada event yang disponsori Bank BJB, oli Pikoli, Qooder, Ducati, helm RSV, Rudy Project, Rob1 Racing dan MaxxWire ini, seluruh peserta tak mengalami insiden apapun dan bisa kembali ke rumah dengan selamat.

Touring ini juga didukung oleh teman-teman dari komunitas MBI (Motor Besar Indonesia), Motoran Tugeder, HOG JC, Dumors (Dunia Max Owners), YNCI (Yamaha Nmax Club Indonesia), IOF (Indonesia Overlander Forum), Baderhood Indonesia dan Motoladies yang telah menemani touring seru penuh ilmu selama 3 hari ini.

Teks: Belo Foto: Istimewa