RK Apresiasi Sapeda karya Anak Bangsa

RK Apresiasi Sapeda karya Anak Bangsa

Jul 20, 2020

Utris Uwox atau yang punya asli H. Sutrisno sudah malang-melintang didunia balap tanah air. Khususnya pada produk aftermarket yang memproduksi saluran buang atau knalpot racing untuk motor balap dan harian.

Beberapa merek lokal  ternama seperti AHRS juga sempat order produksi knalpot kepadanya. Kini H. Uwok sudah punya brand knalpot sendiri berlabel ROB1 yang menyediakan knalpot racing untuk balap juga motor harian.

Sukses sebagai produsen knalpot dan juga merambah ke apparel rupanya enggak membuat pria yang tinggal di Bandung ini terlena. Belakangan H. Uwox tertantang  untuk menggarap mainan baru yaitu berupa sepeda yang sedang dirisetnya. 

“Kebetulan saya hobby naik sepeda dan penasaran banget ingin punya sepeda bikinan sendiri. Apalagi perangkatnya juga mendukung karena sudah punya alat-alat untuk memproduksi knalpot tinggal dikembangkan saja,” ujar H. Uwox.

Ternyata enggak sekedar angan-angan beberapa waktu lalu Uwox sudah gowes sepeda hasil risetnya. Sepeda yang dipakainya model folding bike atau sepeda lipat yang saat ini sedang banyak penggemarnya.

Memang belum produksi secara masal tetapi sepeda folding bike ini sudah melalui beberapa pengetesan. Dipakai keberbagai trek dan lintasan untuk membuktikan kekuatannya.

“Bahan material yang saya gunakan untuk membuat sepeda ini stainless steel dan aluminium alloy dengan sistem pengelasan Tig Welding yang sama dilakukan dengan knalpot,” jelas H. Uwox yang menamakan produknya ini Sapedah.

Dari pengalaman merancang bangun frame sepeda ini dirinya makin paham kalau di sepeda itu sarat dengan teknologi untuk membuatnya. Seperti saat menetukan fungsi dan material yang dipakai, juga ergonomi untuk kenyamanan berkendara enggak bisa asal. Pantas aja bila sepeda yang nyaman dikendarai itu mahal,” ujarnya.

Saat ini Sapeda yang diproduksinya ini baru bisa dibeli secara pre-order masih satu tipe sepeda yaitu folding bike (sepeda lipat). Ada ukuran ban 20-22 dan ban 16-18  tergantung pesanan. “ Untuk order frame sepeda ini saya mematok harga 6-7 jutaan,” ujarnya.

Nah, yang paling menarik frame sepeda racikan H. Uwox di apresiasi oleh orang nomer satu di Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat. “Pak RK (Ridwan Kamil) langsung mencoba sendiri frame sepeda garapan saya dan mengatakan kalo bobotnya benar-benar ringan juga nyaman,” tutup H. Uwox yang memberi label Sapedah pada karyanya ini.

Teks: Herry Axl Foto: istimewa