Royal Enfield Pamer Motor Custom 750cc Twin di Eicma 2019

Royal Enfield Pamer Motor Custom 750cc Twin di Eicma 2019

Nov 06, 2019 Custom Bike

Royal Enfield memamerkan motor custom 650 Twins bergaya flat track dalam gelaran EICMA yang diselenggarakan 5-10 November 2019 di Milan, Italy. Motor itu dibuat oleh kerjasama Harris Performance UK dan pusat teknis Royal Enfield di Leicestershire.

Meski hanya sebuah custom project, Royal Enfield sepertinya menarget balap Flat Track di AS, yang sebagian besar didominasi oleh Harley Davidson dan brand motor India. Projek ini juga merupakan salah satu ambisi RE dan Harris Performance yang telah memiliki 40 tahun pengalaman di bidang pengembangan sasis.

RE dan Harris Performance menggunakan tabung baja brazed yang merupakan formula jadul yang diterapkan motor modern mereka. Sudut kemudi, kuk, tinggi poros, dan swing armnya dapat disesuaikan (5mm di kedua arah). Penyesuaian ini memang minor, namun penting untuk menyempurnakan sasisnya untuk meningkatkan stabilitas motor.

Semua komponen lain yang digunakan dalam sasis juga dikembangkan oleh Harris Performance. Motor dibekali 41mm right-side-ups Öhlins 30mm di bagian depan dan high-end Öhlins TTX36 monoshock di sisi belakangn, serta velg 19 inc dari RSD dan ban Dunlop DRT.

Sama seperti flat track lainnya, di motor ini tidak menggunakan rem depan namun roda belakangnya dipasang single disk twin piston dari Bremboo.

Mesinnya 647cc, twin-cylinder dengan air-cooled unit yang menghasilkan power seperti 650 twins standard pada umunya. Namun untuk menambah performa balapan, mesinnya telah mengaplikasi big bore kit 750cc, ECU custom, dan exhaust system dari S&S. BodyworK juga hasil kerjasama keduanya, yang keseluruhan menggunakan carbon fiber.

Kabar baiknya, ini masih merupakan prototype. Namun sepertinya RE memang memiliki rencana untuk memperkenalkan versi roadgoing untuk memperluas lineup 650 mereka.

Teks: Wildaf, Foto: Gaadiwadi.