Royal Enfiled Vibration Reduction Plate | Anu Saya Sudah Gak Getar Lagi

Royal Enfiled Vibration Reduction Plate | Anu Saya Sudah Gak Getar Lagi

Mei 22, 2021

Tunggangan Royal Enfiled model Classic atau Bullets dengan tampilannya yang classic tetap diminati, meskipun saat dikendarai pemiliknya juga menyadari jika vibrasi yang dihasilkan dari mesin cukup tinggi. 

Tapi apa mau dikata vibrasi ini memang sudah jadi karakter dari mesin RE Classic dengan desain mesin yang sudah monoblock. Bagian mesin dan gerbox sudah menjadi satu atau disebut generasi UCE 350 cc mulai diproduksi 2007.  Mesinnya ini diaplikasi pada Royal Enfield model Bullet atau Classic 350 dan 500 yang banyak beredar di Indonesia.

Karena memang dari delaler sendiri belum ada solusi, para pemilik yang masih setia akhirnya pasrah memaklumi menahan getaran yang terasa mulai dari setang sampai selangkangan. Tetapi ada juga pemilik motor akhirnya cari tahu bagaimana caranya untuk meredam vibrasi pada mesin.

Seperti cerita Fahmi owner sekaligus mekanik dari Lesfolk Cycle yang workshopnya berlokasi di bilangan Bekasi, . “Beberapa waktu lalu kita kedatangan customer pemilik RE Classic minta dipasang kit peredam buat motornya,” ujar Fahmi.

Kit anti getar untuk mesin RE ini berlabel Vibration Reduction Plate produk dari Carberry Motorcycle.  Nah, Carberry Motorcycle saat ini memang dikenal sabagai penyadia part aftermarket untuk motor-motor Royal Enfiled termasuk meluncurkan 1000cc Carberry V-twin motorcycles.

Bagi pemain lama motor-motor tua dan classic di Jakarta nama Carberry sebetulnya tidak asing.  Pada sekitar tahun 90-an sampai awal 2000 Paul Carbery nama lengkapnya sempat tinggal di Jakarta dan menjadi importir motor Royal Enfiled dari India. Unit yang terjual memang tidak banyak tetapi yang laris terjual justru suku cadang motor RE yang saat itu banyak dipakai untuk motor-motor Inggris.

Nah, balik lagi ke Vibration Reduction Plate produk Carberry. Pelat khusus ini dirancang untuk mendukung dan menstabilkan kruk as bagian kanan yang berhubungan dengan magnet. “Kalau aslinya enggak ada bearing dudukannya ini yang membuat  rotor bergoyang, sehingga membentuk getaran pada putaran tinggi,” jelas Fahmi.

Mekanik muda ini menambahkan kalau salah satu penyebab getar pengaruhnya dari putaran magnet karena as  magnet harus lewatin gear cam, jadi makin jauh dari kruk as atau bandul. Jadi fungsi bearing reducer ini buat tumpuan as magnet agar gaya sentrifugal magnet yang menghasilkan getaran bisa diredam biasanya muncul saat kecepatan 60-90 km/ jam.

Oh iya part Vibration Reduction Plate produk Carberry ini barangnya sudah banyak yang jual di marketplace dengan harga Rp 1,6 – Rp 1,4 jutaan yang dijual komplit dalam satu kemasan. “Kalo untuk jasa pemasangan kita hargai ongkosnya Rp 250 ribu, baiknya sekalian pas ganti oli jadi olinya gak kebuang,” ujar Fahmi.

Teks : Belo Foto: Lesfolk Cycle