Suzuka 4Hour Endurance Race, Gilang dan Adit Meraih Podium Dua

Jul 26, 2015 Event
IMG_0107.jpg

Prestasi gemilang baru saja ditorehkan dua pembalap muda gemblengan PT. Astra Honda Motor (AHM). Andi Gilang dan Aditya Pangestu yang membawa bendera Astra Honda Racing Team berhasil naik podium kedua pada ajang Suzuka 4H Endurance Race yang berlangsung di sirkuit Suzuka, Jepang pada Sabtu (25/7).

Sudah lebih dari dua minggu mereka sudah berada di Jepang untuk mempersiapkan balap ketahanan ini. Bahkan saat hari raya Idul Fitri dua pembalap dan kru Astra Honda Racing Team rela berlebaran meninggalkan keluarga di negeri orang.

Meskipun start dari posisi 13, tidak meyurutkan Andi dan Aditya untuk tampil maksimal, berada di grid 5 start pertama diambil oleh Andi Gilang terlebih dulu. Saat balap berjalan sekitar 5 race balap terpaksa harus terhenti dengan masuknya Safety Car (SC). “Saat itu ada kecelakaan yang mengharuskan SC keluar, posisi Andi ke 3,” urai Anggono Iriawan Manager Motorsport & Safety Riding (AHM) yang terus mengawal pembalap binaannya.

IMG_0106.jpg

Balap ketahanan 4 jam ini berlangsung sengit pada awal balap tercatat 3 kali SC masuk ke arena balap karena insiden kecelakaan yang terjadi berikutnya di lap 10 dan lap 18. “Ketika ada accident di lap 10 Andi Gilang sudah berhasil masuk ke posisi 2,” lanjut Anggono lagi.

Pada lap 22 Andi masuk pit bergiliran dengan Aditya yang ngegas motor Honda CBR600. Saat race berlangsung lancar Adit, yang memulai balap dari posisi 12 perlahan-lahan bisa mengejar dan masuk posisi 6 sebelum masuk pit pada lap 40.

Ganti lagi Andi Gilang yang memacu motor, pembalap asal Makasar yang baru berusia 17 tahun ini mempu menunjukkan skilnya dan bisa bertahan pada posisi 3 sebelum masuk pit pada lap 62. Pada lap-lap krusial ini dimana fisik pembalap mulai terkuras Adit masih bisa mempertahankan posisi meskipun saat masuk pit di lap 77 ada diposisi 4.

Lantas giliran Andi Gilang yang memacu motor sampai balap ketahan 4 jam ini diselasaikannya dengan 95 lap. “Alhamdullilah saat bendera finish dikibarkan, Andi berhasil berada pada posisi 2 dan ini merupakan hasil kerja keras tim selama lebih dari 2 minggu berada di Jepang mempersipkan balap,” urai Anggono. Podium pertama Suzuka 4Hour Endurance Race ini berhasil direbut duet pembalap Jepang Kenzi Nakamura dan Ruka Wada dari Tim TTS Racing YSS NCC yang mengandalkan motor Kawasaki ZX-6R.

IMG_0089-300x225.jpg

Hari ini (26/07) giliran Suzuka 8Hour Endurance Race yang jadi kelas utama pada balap ketahan ini akan berlangsung. Dimas Ekky Paratama bersama pembalap asal Asia Tenggara lainnya Azlan Shah (Malaysia) dan Rattapong Wailrot (Thailand) membawa bendera SatuHati Honda Team Asia akan bersaing dengan tim-tim besar lainnya. Kita tunggu kabar dari Dimas.

Penulis: Olebelo, Foto: AHM