Test Ride Perdana Kawasaki KLX230

Test Ride Perdana Kawasaki KLX230

Jun 26, 2019 New Bike

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Kawasaki KLX230 pada 22 Mei 2019 lalu. Motor dual purpose ini ditujukan buat para pehobi motor ekstrem. Asiknya, PT KMI mengajak rekan media buat menjajal langsung varian KLX terbaru tersebut di Gading Serpong, Tangerang Selatan (25/6/19). 

"Motor ini kami riset selama dua tahun untuk memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ini hasil diskusi dengan berbagai komunitas trail di Indonesia. Sejak launching, KLX 230 sudah dipesan 1.500 unit di seluruh Indonesia. Target kami 10.000 unit per tahun, tidak sebesar KLX 150, tapi kami rasa sesuai" ucap Michael C Tanadhi, Head Sales & Promotion PT KMI.

Kawasaki KLX230 ini merupakan buatan Indonesia dan siap dipasarkan ke penjuru dunia. Jadi selain melakukan global launching, ini juga merupakan test ride KLX230 pertama di dunia.  Sebagai motor dual purpose, motor ini dijajal di dua tipe jalan, aspal dan di tanah dipandu tim dari Denwal Korlantas Polri. 

KLX230 dibekali mesin SOHC 233cc silinder tunggal, dua katup berpendingin udara, dengan power max 18,7 Tk/7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm / 6.100 rpm. Motor ini memiliki tinggi 885 mm dengan pelek 21 inchi depan dan 18 inchi belakang. Cukup tinggi buat test rider yang memiliki postur tinggi 175 cm dan bobot 55 kg. Ia dibekali suspensi depan teleskopik 37mm dan belakang unitrak 223mm.

Seperti diketahui, KLX230 meskipun motor dual puspose, karakternya di antara trek on road dengan off road cukup berbeda. Perpindahan gear sepertinya didesain untuk trek off road untuk safety tentunya agar tidak mudah berada di posisi netral.

Pertama-tama motor dijajal di jalanan aspal. Ternyata Kawasaki KLX230 sangat nyaman dikendarai di medan ini. Saat digeber sampai rpm 120, jambakannya sangat terasa, handlingnya pun tetap stabil saat belokan meski menggunakan ban semi offroad. Namun saat di gigi 1-2, tak jarang motor ini mudah limit. Tapi saat sudah memasuki gigi 3-4, motor ini bisa langsung kencang dan tenaga terus bertambah.

Selanjutnya test ride beralih ke sirkuit Paramount BSD. Ban KLX230 diganti menjadi ban offroad demi keamanan saat menggaruk tanah. Lagi-lagi kami dibuat takjub dengan performanya. Motor ini memang benar-benar didesain buat main tanah.

Test rider sendiri adalah pemula dengan motor jenis dirt bike. Namun dengan speknya ini bikin saya cukup percaya diri buat menjajalnya di sirkuit tanah. Ditambah shock terbarunya ini membuat motor ini makin enak dikendarai.

Saat dijajal, motor ini memang sangat pas buat offroad. Pada gear 1-2 aja tarikannya sudah langsung menghentak. Saat di tanjakan setinggi 5 meter pun motor sudah bisa terbang. Suspensi depan-belakang terasa sangat empuk dan saat di belokan pun motor mudah dikendalikan. Terbayang akan lebih enak lagi jika motor ini dipakai oleh orang dengan postur yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, performa KLX 230 ini cukup luar biasa dengan bobot dan handling ringan di segala medan jalan. Kawasaki KLX 230 hadir dalam dua varian yaitu versi standar yang dijual Rp 42,5 juta. Sementara KLX 230 Special Edition dibanderol Rp 44,9 juta. Lime Green (Standard), Ebony / Black  (standard), KLX230 Special Edition Oriental Blue dan KLX230 Special Edition Firecracker Red. Tapi jika ingin di styling a la retro pun saya jamin motor ini bakal keren banget.

Teks: Ardhy, Foto: Wildaf.