The Distinguished Gentleman's Ride Jakarta 2019

The Distinguished Gentleman's Ride Jakarta 2019

Okt 01, 2019 Event

The Distinguished Gentleman's Ride (DGR) 2019 Jakarta diserbu ribuan pemotor. Mengusung tematik Pesta Tampan, DGR Jakarta tahun ini berpusat di area Parjo ISEE Fest 2019 di Parkir Timur Senayan.

Tahun ini starting point dibuat menjadi beberapa titik untuk lebih memudahkan peserta. Dua di antaranya dari AMPM Jakarta dan Lap. Blok S. Mulai pukul 15.00 riding pun dimulai kemudian menyusuri Jl. Gatot Subroto menuju lokasi acara.

Peserta tahun ini pun meningkat. Sekitar 6000-an pemotor berdandan a la gentleman dengan berbagai kendaraan riding bersama-sama memadati area acara. Yang berbeda kali ini juga, AMPM Jakarta bersama Sekepal Aspal dan PARJO menggelar Pesta Tampan sebagai finish party dari #DGRJakarta2019.

“Di DGR sendiri kan memang kita drees up a la gentleman ya. Pesta Tampan sebagai salah satu konten tahun ini untuk menemukan 5 gentleman yang tertampan. Tapi tema kali ini lebih merakyat sih, makannya mereka yang berdandan lebih ke versi terbaik jati diri loe aja,” kata Ade Habibie, yang didaulat untuk memilih yang terbaik bersama dengan Ilham Nuriadi.

Sementara untuk donasinya, di Jakarta ada 2 cara berdonasi, melalui situs gentlemensride.com atau dengan membeli kit donasi yang disediakan penyelenggara. “Kita hanya menyediakan 125 kit donasi berupa bandana mulai Rp 100 ribu dan Rp 300 ribu, alhamdulilah hampir habis. Jika totalnya silahkan lihat di situs,” kata Seto Hendrianto, yang didaulat sebagai ketua penyelenggara DGR Jakarta 2019.

Untuk awareness seputar kanker, penitia juga membuat talkshow seputar kanker prostat yang dipaparkan oleh dokter dari RSCM. Selanjutnya acara DGR yang berlangsung hingga malam hari di area Parjo Mob=vement Jakarta 2019 juga dihibur dengan perform dari @theriotcub dan @diskopantera.

The Distinguished Gentleman's Ride diinisiasi oleh Mark Hawwa di Sydney Australia, merupakan event tahunan di hari Minggu penghujung bulan September. Acara ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu kanker prostat di mana penggalangan dananya dikumpulkan melalui website gentlemensride.com. Di Indonesia sendiri, ada 18 kota yang terdaftar di website resminya di antaranya; Bali, Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Bogor, Jakarta, Jambi, Karawang, Kediri, Kendari, Makassar, Malang, Padangsidimpuan, Palembang, Samarinda, Solo, Sukabumi, dan Yogyakarta.

Di Jakarta sendiri dari catatan websitenya hingga saat ini telah terkumpul USD $ 2.277 atau sekitar Rp 32 jutaan dan terus bertambah dari beberapa kota lainnya. 

“Membanggakan, dari tahun ke tahun pesertanya meningkat. Dari ratusan kini ribuan, itu pun karena banyak yang tidak teregistrasi. Mereka ikut riding dengan spontanitas. Tetapi yang paling penting adalah awareness akan kanker prostat semakin baik. Makannya tahun depan mungkin kita bisa lebih open forum lagi agar mereka benar-benar paham kanker prostat itu apa, mulainya dari mana. Sehingga kalau mereka lebih ngerti, mereka pun bisa menjelaskan juga kepada yang lain,” tutup Ade.

Teks & Foto: Wildaf.