Yamaha Scorpio 2004, Tersengat Flat Tracker

Jan 18, 2015 Custom Bike

Tahun 2015 GasTank memprediksi ajang balap flat track alias adu kebut di lintasan tanah oval pakai besutan custom bakal marak. Selain eventnya beberapa bulan terakhir mulai digarap terpenting motor custom beraya flat track juga sudah mulai bermunculan.

Seperti hasil garapan work shop The Bangors yang baru saja merilis hasil custom terbaru Yamaha Scorpio Lansiran 2004 bergaya flat track "Memang motor ini sengaja saya siapkan untuk main balap flat track tahun depan meskipun masih fun race," ujar Jaja builder bengkel The Bangors di bilangan Pangkalan Jati, Depok.

IMG_1429.jpg IMG_1494.jpg

Pilihan Yamaha Scorpio menurut Jaja paling pas lantaran rangka dan kaki- kakinya sudah mendukung. Apalagi areal lengan ayun sudah monoshock jadi lebih stabil buat melibas tikungan trek rata. "Tinggal sub frame atau rangka belakang saja yang harus diubah, sudut penopang rangka bawah desainnya lebih rapat untuk mendukung tampilannya," lanjut builder yang asalnya dari Ciamis, Jawa Barat mengandalkan kedua rodanya ring 18 inchi dibungkus ban kasar.

Areal body pastinya dirombak total, desain tangki baru dibuat menyudut yang memang modelnya meniru besutan flat track. Sekilas desainnya mirip dengan tangki Suzuki A100 lawas tetapi dimensinya lebih besar. Sedangkan untuk buntut belakang modelnya berundak khas besutan flat track.

IMG_1455.jpg

Tampilan layaknya motor balap makin menjadi setelah ditempel cover nomer start yang ada di bagian atas sok depan dengan modelnya persegi. Sedangkan untuk head lamp posisinya harus mengalah dipindah ke bagian rangka bawah.

Areal mesin agar tampilan lebih sangar dilebur kelir hitam dengan metode powder coating, sedangkan sirip pendingin pada bloknya dikerok agar material aslinya muncul sehingga terlihat efek bergaris. Tampilan motor jadi lebih bandel setelah posisi knalpot diubah ke atas dan keluar silincer ya dari bagian kiri motor.

Untuk tahap finishing seluruh body, Jaja coba bermain dengan efek warna doff sebagai cat dasarnya yang berkelir bronce. "Sedangkan untuk striping pada body dipadukan dengan kelir oranye agar terlihat lebih ngejreng," tutup member Street Demon Jakarta ini.

IMG_1457.jpg IMG_1466.jpg IMG_1489.jpg Penulis: Olebelo, Foto: Jopie