Yamaha SR 400 | Santika Skinny Chopper

Yamaha SR 400 | Santika Skinny Chopper

Apr 29, 2021 Custom Bike

Yamaha SR400 merupakan motor yang banyak dijadikan basis motor custom. Alirannya pun beragam mulai dari scrambler sampai chopper.

Tapi gue gak mau bahas asal-usal motor itu bisa masuk ke tanah air, yang jelas keberadaan SR400 menambah motor-motor donor untuk dipakai custom.

Seperti motor milik Aldi Palureng salah satu founder movement Kelua-Main di Makasar yang mengusung gaya skinny chopper. Gaya custom chopper akhir-akhir ini lagi banyak digandrumi oleh pecinta tanah air, dengan gaya dan karakter yang berbeda-beda.

“Dari awal emang udah suka banget sama motor custom, dan gue milih sr400 sebagai bahan custom menurut gue punya karakter yang beda sama motor lain, apalagi dengan ciri khasnya yang hanya mengandalkan kick stater, gayanya jadi lebih vintage dan garang, apalagi di custom jadi gaya skinnya chopper hehe,"  ujar Aldi .

Motor yang dipercayakan oleh Ewako Custom Works untuk digarap ini hampir 80% menggunakan part custom yang di buat sendiri. "Namanya juga chopper pasti hampir semua partnya itu handmade dan punya nilai kebanggaan sendiri apa lagi handmade dari kota sendiri, kota Makassar," tutur Aldi.

Nah, untuk sektor kaki-kakinya menggunakan velg depan ring 21 lebar 1,60, dengan ukuran ban 300  dan untuk belakang ring 18, lebar 3.00 dengan ukuran ban 450 dan menggunaka shock depan milik yamaha scorpio yang sudah ditambahkan peninggi.

Sedangkan untuk bagian tersulit yang dikerjakan ada pada sektor pembuatan rangka. yang mesti diukur dengan teliti & pas biar saat di pakai nanti bisa nyaman dan aman untuk diapaki oleh Aldi.

Nah, setelah sector rangka dan body selesai digarap akhirnya oleh Aldi menyematkan nama Santika untuk motornya ini.  Santika itu memiliki kepanjangan Sanna Cantik Na itu bahasa makassar yang memiliki arti Sangat Cantik sesuai dengan art di bagian body dengan gambar bunga daisy. 

“Chopper banyak diidentikkan juga dengan nakal dan petakilan. Meski nakal, tetap harus mengutamakan kesopanan, itulah kenapa mengusung art bunga daisy agar terliat lebih kalem,"  tutup Aldi.

Yukkk gas kemana kita...!

Teks: Fiddin, Foto: Satriawan Amir