Yamaha XS650 1974 | Stainless X Seamless

Yamaha XS650 1974 | Stainless X Seamless

Apr 10, 2019 Custom Bike

Berbeda dengan konsep chopper andalannya yang selalu menggunakan basis mesin kecil seperti KZ200, Yamaha Scorpio dan Honda Tiger kali ini Onny Widiyayana selaku punggawa Three Monkeys Enginering kembali membangun chopper dengan konsep skinny. Namun untuk kali ini ia dapat tantangan baru garap basis mesin yang lebih besar yaitu Yamaha XS650.

Untuk ubahannya dimulai dari menekuk pipa untuk membuat frame. Sesuai dengan keinginan Dhony Anugrah Putra selaku owner, frame rigid bergaya hardtail pun ia pilih. Menariknya, penggunaan material rangka pun tidak seperti biasanya yang hanya menggunakan material besi seamless. Onny menggabungkan dua material dalam proses pembuatan rangkanya ini.

"Aku kepingin suatu hal yang berbeda dari biasanya, makanya aku coba pakai dua material untuk frame chopper XS650 ini. Selain seamless aku juga pakai material steinless," tambahnya

Pengerjaan frame dimulai dari pembuatan engine braket berbahan steinless. Material stainless sendiri dipakai untuk bagian sok-sok an dengan diameter 1 inchi termasuk centerbone-nya. Sementara untuk material seamlessnya disiapkan untuk main frame.

Untuk proses welding kedua material logam ini ia menggunakan las asitiline dengan bahan kuningan.  "Untuk proses las aku memakai teknik las asitiline dengan kuningan. Kenapa? karena bahan kuningan mudah lebur dan menyerap sehingga kedua material akan merekat kuat. Tapi konsekuensinya titik lebur dua logam ini berbeda sehingga agak sulit dan harus dilakukan berulang," imbuhnya.

Proses pengelasan (welding) pun memiliki tantangan tersendiri karena kedua material antara seamless dan stainless harus benar-benar bersih agar kuningan dapat merekat dengan baik. Jangan sampai ada noda seperti minyak ataupun sisa karat.

Beralih kebagian detailing, ia juga konsern di tahap ini agar motor garapannya terlihat sempurna. Terlihat beberapa bagian sok dan braket mesin berbahan stainless pun ia ramu dengan motif ukir agar tidak terlihat monoton. Bahan Stainless sengaja ia polish untuk memperlihatkan karakter logam stailessnya sementara, bahan seamless ia labur dengan pilihan cat berwarna merah candy bergliter yang juga dipadukan dengan sapuan pinstriping berwarna kuning.

Sektor kaki-kaki ia menggunakan suspensi Yamaha Scorpio yang sedikit di custom bagian asnya menjadi lebih tinggi di bagian depan dengan riser custom. Sementara untuk bagian velg depan Onny menggunakan velg TK berukuran 21/1.60 dibalut dengan ban Avon Speedmaster berukuran 3.00-21. Bagian belakangnya, Onny menggunakan ban yang lebih besar berukuran 18/4.00 dengan karet bundar berlabel Shinko E-270.

Alhasil motor bergaya skinny chopper ini pun berhasil meraih juara pertama di kelas Chopper-Bobber diatas mesin 250cc pada ajang Kustomfest 2018 lalu.

Teks: Andhika, Foto: Suryanation Motorland.